Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel



Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel - Kata kunci adalah tolak ukur sebuah artikel ditemukan oleh mesin pencari, dalam merumuskan kata kunci sebaiknya kita tidak asal nebak, setidaknya kita harus melakukan riset kata kunci, biasanya riset bertujuan untuk mengetahui  seberapa  sering kata kunci itu digunakan sebagai kriteria pencarian oleh pengguna internet, untuk riset kata kunci kita bisa melakukan riset kata kunci menggunakan google trends terlebih dulu, kemudian di lanjut dengan riset kata kunci menggunakan google keyword panel, sehingga kata kunci utama hasil riset yang akan dijadikan judul artikel benar-benar sebuah kata kunci yang berkualitas tidak terlalu banyak pesaing dan diminati banyak orang, semakin banyak orang yang berminat dengan kata kunci tersebut maka peluang trafik pengunjung ke halaman blog kita dengan kata kunci tersebut akan semakin baik, semakin sedikit kompetitor atau pesaing yang sudah menggunakan kata kunci yang kita bidik, semakin baik untuk trafik blog yang kita miliki. silahkan anda juga bisa baca Cara mudah meningkatkan trafik blog lengkap.
Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel

Keputusan kita untuk mengambil kata kunci tersebut untuk dijadikan artikel harus kita pertimbangkan, jika blog yang kita miliki sudah cukup umur, memiliki PR yang tinggi, kemudian domain authority DA dan Page Authoritynya (PA) sudah OK ditambah dengan backlink segudang , kita berani bersaing dengan kompetitor lainnya, kata kunci dengan tingkat kopetitor tinggi pun bisa kita ambil, namun seandainya blog kita adalah blog pemula yang masih seumur jagung, dengan jumlah artikel yang masih sedikit dan pagerank masih kecil, sebaiknya kita ambil kata kunci yang memiliki jumlah kompetitor menengah kebawah itu akan lebih baik. dan lebih baik lagi mengambil jumlah kompetitor low atau kecil, ingat lebih baik mendapatkan satu pengunjung dari pada tidak ada sama sekali.

Menganalisa Metode pencarian google

Bisakah kita membidik 5 kata kunci yang berbeda dikemas dalam satu artikel ?, jawabannya adalah bisa, jangankan lima 10 + pun bisa, tergantung jumlah suku kata dalam artikel yang kita buat, semakin banyak jumlah kata dalam artikel maka kesempatan kita untuk meletakan kata kunci akan semakin banyak, anda juga bisa baca cara meletakan kata kunci (keyword) dalam artikel, tujuan yang hendak dicapai adalah agar artikel kita dengan beberapa kata kunci pencarian bisa muncul pada halaman search enggine, tentu saja kata kunci tersebut adalah kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama.

Sering kita temukan pada halaman hasil pencarian google, tidak semua hasil pencarian yang muncul memiliki title yang identik dengan kata kunci yang digunakan dalam pencarian, bisa saja judul hanya mencantumkan sebagian kata kunci dan deskripsi atau isi artikel mencantumkan kata kunci lainnya, sehingga gabungan antara sebagian kata kunci yang ada dijudul dengan kata kunci yang ada di dalam deskripsi atau isi artikel membentuk kata kunci lengkap yang sesuai dengan kata yang dijadikan kriteria pencarian, kemudian google menampilkannya, kata kunci yang berada dalam isi artikel yang melengkapi judul, itu bisa kita sebut kata kunci LSI.

Algoritma mesin pencari saat ini sudah menerapkan konsep LSI Keyword, ketika artikel anda ditemukan pada halaman pencarian, google sebenarnya membidik kata kunci utama yang ditempatkan sebagai judul artikel, memeriksa relevansi antara judul dan konten, jika judul yang ditemukan tidak terlalu sesuai dengan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, google akan mencari kata kunci LSI dalam isi artikel untuk menemukan kata atau kelompok kata yang erat kaitannya dengan kriteria pencarian yang digunakan. 


LSI Keyword merupakan salah satu faktor dari 200+ faktor peringkat halaman dimata mesin pencari yang harus kita perhatikan, 1 kata kunci utama dan 4 kata kunci LSI yang kita gabungkan dalam artikel yang kita buat secara tidak langsung artikel kita dapat membidik 5 kata kunci sekaligus yang memiliki relevansi dengan kriteria pencarian yang beragam tetapi masih satu topik.

Cara Membuat artikel dengan membidik 5+kata kunci

Sebelum membuat artikel, biasanya yang pertama kali kita fikirkan adalah judul, untuk judul kita bisa cari inspirasi dengan membaca artikel-sahabat blogger, sering berkunjung ke forum tanya jawab atau kadang judul muncul dari insfirasi sendiri.lantas jika judul sudah ditentukan seperti apakah isi artikel yang harus kita buat agar bisa membidik lebih dari 5+ kata kunci ?, jawabannya adalah anda harus tau cara menemukan LSI keyword dari kata kunci yang anda jadikan judul tersebut, LSI keyword sebenarnya bisa kita dapatkan dengan mudah, kita bisa mendapatkan informasi LSI keyword dari mesin pencari google, google search sugestion, atau dari google adword keyword planner ketika kita melakukan riset kata kunci, untuk menemukan LSI Keyword , silahkan anda bisa baca artikel saya lainnya mengenai Cara Menemukan LSI Keyword?.

Jika kita sudah menemukan LSI keyword yang sesuai, selanjutnya kita bisa meletakan LSI keyword -LSI Keyword tersebut dalam artikel yang yang kita buat, yang harus diperhatikan adalah artikel yang kita buat diupayakan relevan dengan kunci utama, dan LSI keyword yang kita letakan se pintar mungkin relevan dengan isi artikel secara keseluruhan, dan jangan lupa kita harus sebisa mungkin mengulang setiap kata kunci LSI yang kita sertakan setidaknya muncul sebanyak 3 kali pengulangan dalam artikel secara keseluruhan, Mesin pencari google misalnya, itu akan mengangap kata kunci yang kita letakan akan dianggap penting jika kita mengulangnya setidaknya 3 kali dalam artikel, baik itu kita letakan di judul, url halaman, deskripsi ataupun isi artikel.

Untuk Lokasi penempatan kita bisa memilih beberapa peletakan LSI keyword, bisa kita sebar di deskripsi ataupun isi artikel, silahkan anda juga bisa baca tentang cara meletakan kata kunci (keyword) dalam artikel. Semakin banyak suku kata yang menyusun artikel yang bisa kita buat berarti semakin banyak pula kata kunci LSI yang bisa kita sertakan dalam artikel tersebut, artikel bisa dikatakan berkualitas dan memenuhi salah satu syarat dari 200+ google faktor, jika  didalam artikel yang kita buat ada minimal satu kata kunci LSI yang kita sertakan.

Jadi sekarang ketika anda membuat artikel jangan lupa untuk meletakan kata kunci LSI pada artikel yang anda buat tersebut, minimal 1 kata kunci LSI kita sertakan.

Demikian informasi sederhana yang bisa saya share untuk anda mengenai Cara Membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel. semoga bermanfaat.

Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google



Bagaimana cara agar artikel yang kita buat muncul di urutan 10 besar google, sepertinya posisi 10 besar adalah posisi yang paling banyak mendapatkan perhatian dan paling banyak diincar oleh para blogger, ketika artikel yang kita miliki muncul di posisi 10 besar SERP (Search Enggine Result Page), berarti artikel yang kita miliki berpeluang untuk mendapatkan pengunjung, lantas bagaimana caranya agar artikel yang kita buat muncul di posisi 10 besar?.
Sebenarnya untuk menduduki posisi 10 besar bisa mudah dan bisa juga sulit, tergantung dari judul artikel yang kita bidik, jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit berarti sulit untuk kita dengan topik judul artikel yang relevan bisa menduduki posisi 10 besar, tetapi jika judul artikel yang kita bidik memiliki tingkat kompetitor atau pesaing yang cukup ringan, itu kesempatan bagi kita karena posisi 10 besar akan mudah untuk kita peroleh, bahkan dalam hitungan haripun blog yang kita miliki bisa bertengger diposisi 10 besar hasil pencarian google.

Cara agar artikel muncul di urutan 10 besar google


pada artikel kali ini akan di uraikan mengenai Cara Agar artikel masuk peringkat 10 yang meliputi:

#1. Menemukan Jumlah pencarian kata kunci dan jumlah pesaing
#2. Mendapatkan informasi mengenai tingkat sulit mudahnya pesaing
#3. Tips agar mudah mengalahkan pesaing.

Cara menemukan Jumlah Pencarian  dan Jumlah Pesaing dari kata kunci

Lantas bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa kata kunci yang kita bidik untuk judul artikel yang akan kita buat memiliki tingkat pesaing sulit atau tingkat pesaing mudah?, sebelum kearah sana sebenarnya ada beberapa yang harus kita lakukan ketika kita sudah menentukan kata kunci untuk judul artikel, yang pertama adalah melihat jumlah pencarian perbulan apakah tinggi atau rendah, kemudian yang kedua adalah melihat jumlah kompetitor atau pesaing, apakah tinggi (hight), menengah (medium) atau low (rendah), informasi tersebut bisa kita lihat dengan menggunakan google adword keyword tools, namun untuk competition (informasi competition pada tool tersebut sebenarnya berguna untuk tujuan publiser iklan adsense), cara lengkapnya bisa anda baca pada artikel saya tentang riset kata kunci dengan google keyword planner. disana dijelaskan bahwa ketika kita memutuskan untuk mencari kata kunci, sebaiknya kita memilih longtail keyword dengan jumlah persaingan menengah ke bawah (medium atau low) tetapi memiliki jumlah pencarian yang tinggi, tujuannya adalah agar artikel yang kita buat dengan kata kunci tersebut memiliki peluang untuk tampil lebih baik pada hasil pencarian search enggine.


Cara Melihat Sulit Mudahnya Level Kompetitor

Setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, sebenarnya ada satu tahap lagi yang harus kita tempuh, jika kita hanya mengandalkan riset kata kunci dengan google keyword planner saja, itu sebetulnya masih mentah dan belum cukup, karena riset kata kunci dengan google keyword planner hanya untuk mendapatkan informasi jumlah pencarian perbulan, sedangkan jumlah pesaing ('competititon') yang diperlihatkan oleh alat tersebut,  tidak ada kaitannya dengan kompetisi atau kompetitor SEO, arti competititon pada alat tersebut adalah untuk mengukur jumlah kompetitor pengiklan dengan kata kunci yang bersangkutan , jika jumlah persaingannya tinggi (hight) itu menandakan bahwa kata kunci tersebut sudah banyak sekali  digunakan sebagai iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya menengah (medium) itu menandakan kata kunci tersebut cukup banyak yang menggunakan untuk iklan, sedangkan jika jumlah persaingannya rendah (low) berarti kata kunci tersebut tidak terlalu banyak yang menggunakan.

Informasi dalam google keyword planner pada intinya belum bisa kita jadikan acuan kata kunci yang kita bidik bisa kita jadikan judul artikel, karena google keyword planner tidak dapat memprediksi apakah tingkat persaingannya sulit atau mudah, dan meskipun informasi jumlah persaingan (competititon) yang ditujukan oleh google keyword planner itu hight atau tinggi, sebenarnya kita bisa ambil asalkan tingkat persaingannya mudah, (ingat !, harus kita bedakan antara jumlah Pesaing  dan tingkat Pesaing), begitu juga untuk informasi google keyword planner dengan jumlah persaingan rendah, sebenarnya tidak bisa kita ambil jika level persaingannya sulit. harus diingat informasi competititon yang terdapat dalam keyword planner bukan tolak ukur untuk kompetitor seo, informasi tersebut lebih ditujukan untuk pengiklan, jadi kita bisa mengambil kandidat kata konci dengan informasi low, medium maupun hight  itu tidak masalah.

Langkah-langkah melihat level kompetitor

Untuk mendapatkan inforasi mengenai sulit mudahnya tingkat persaingan suatu kata kunci, kita bisa bisa mengguanakan MozBar untuk mengetahuinya. MozBar adalah tool berupa plugin browser yang tersedia untuk browser mozila dan browser google croome. kita bisa instal sesuai dengan browser yang sering kita gunakan. Ingat langkah ini adalah langkah lanjutan setelah kita melakukan riset kata kunci dengan google keyword planner, tujuannya adalah untuk menganalisa sulit mudahnya tingkat persaingan kata kunci yang akan kita gunakan, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

1. Instal MozBar, Jika MozBar belum anda instal berarti harus anda intstal terlebih dahulu.  silahkan masuk ke alamat http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian pilih sesuai dengan jenis browser yang anda gunakan dan instal, ingat setelah melakukan instal anda diharuskan merestat browser yang anda gunakan agar tool MozBar siap untuk dipakai. dengan terinstalnya mozbar pada browser anda berarti kita bisa mengamati informasi setiap situs yang terdapat atau muncul dalam daftar hasil pencarian mesin pencari.

2. Buka google lokal google.co.id, kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang akan anda jadikan judul artikel, anda disini cukup mengamati urutan 1 sampai dengan 10 hasil pencarian saja. 

3. Dari sepuluh hasil pencarian yang kita amati, silahkan anda lihat Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) dari tiap hasil pencarian satu-persatu, informasi tersebut akan dapat kita lihat dengan jelas karena kita sudah memasang MozBar pada browser yang kita gunakan. jika terdapat daftar yang memiliki PA 0 s/d 5 berarti kita harus bersyukur, dengan begitu kita akan mudah bersaing dengan menggunakan kata kunci tersebut. kemudian perhatikan juga nilai (DA) nya, jika nilai DA nya berada dibawah blog yang kita miliki (blogspot nilai DA=93, wordpress nilai DA=100), ini kesempatan untuk kita bisa menduduki urutan 10 besar. PA dan DA selalu beriringan, PA besar DA besar akan sangat sulit kita kalahkan, PA besar DA kecil, cukup sulit kita kalahkan, PA kecil DA besar, mudah kita kalahkan jika DA blog kita >= dengan DA blog pesaing. untuk informasi tambahan anda bisa baca artikel tentang Cara Mengatahui PA dan DA.

4. Dari daftar 10 besar hasil pencarian, amati juga satu persatu, apakah ada yang menggunakan kata kunci tersebut untuk nama domain, kalo ada berarti website tersebut salah satu yang akan sulit kita saingi.

5.  Jika dari 10 hasil pencarian google yang kita amati untuk masing-masing ternyata memiliki DA-dan PA tinggi-tinggi, sebaiknya kita urungkan untuk menggunakan kata kunci tersebut, karena kecil peluangnya artikel yang kita buat tersebut, ditemukan dan dikunjungi.

6. Lihat Juga jumlah hasil pencarian google, jika total hasil pencarian berada diantara 500ribu s/d 800 ribu, berarti itu kesempatan baik, untuk menggunakan kata kunci yang anda bidik agar bisa bersaing. 

Tips tambahan untuk mengalahkan Posisi pesaing

Jika pada riset yang anda lakukan kebetulan anda beruntung melihat peluang bahwa hasil 1 s.d 10 besar pencarian google banyak yang memiliki DA dan PA rendah, berarti anda siap untuk menggunakan judul artikel dengan kata kunci yang anda bidik, ada tips tambahan agar secara cepat dan pasti anda bisa mengalahkan posisi blog atau situs pesaing.

1. Sajikan artikel anda setidaknya terdiri dari 1500 + suku kata keatas, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google, semakin banyak itu akan semakin bagus dan artikel yang anda buat akan mudah untuk menduduki posisi terbaik google.

2. Usahakan kata kunci yang kita bidik berada pada suku kata pertama, misal jika anda membidik kata kunci utama "optimasi seo onpage" maka judul yang harus anda pasang yang paling baik adalah "Optimasi Seo onpage pada blog lengkap" dari pada memasang judul "Cara cepat dan mudah optimasi seo onpage" berdasarkan 200+ faktor pencarian google, google akan memprioritaskan kata kunci yang diletakan pada suku kata pertama dari pada diletakan pada suku kata tengah atau terakhir.

3. Pupuklah dengan backlink, setidaknya artikel yang anda terbitkan tersebut harus anda pupuk minimal dengan 5 buah backlink atau lebih dari situs berbeda, semakin banyak itu akan semakin bagus untuk link juice yang memberikan energi untuk artikel anda.

4. Jangan menyajikan konten kopi paste, buatlah konten yang relevan dengan judul yang anda bidik.

5. Lakukan optimasi seo onpage secara baik silahkan anda baca Optimasi Seo onpage pada blog lengkap. untuk melakukannya.


Demikian informasi mengenai Cara Agar artikel muncul di urutan 10 besar google, saya share untuk anda. somoga bermanfaat.

Silahkan baca juga artikel terkait lainnya mengenai cara membidik 5+ kata kunci dalam satu artikel

Optimasi SEO Onpage pada Blog : lengkap




Optimasi SEO Onpage pada Blogmerupakan salah satu faktor dari 200 + faktor yang berperan dalam meningkatkan page rank , optimasi seo onpage prilakunya sama, baik blog itu dibuat dengan flatform blogger, flatform wordpress atau flatform lainnya, semakin baik optimasi seo onpage, blog akan memiliki peluang lebih baik untuk ditampilkan pada halaman pertama SERP.
Sebenarnya untuk melakukan seo onpage sangat mudah untuk diikuti, yang penting kita mengetahui caranya, banyak langkah yang bisa kita tempuh, semuanya terfokus pada bagaimana cara untuk mengelola struktur kode halaman situs dari dalam situs itu sendiri, sehingga disukai oleh mesin pencari. 

Langkah Melakukan Optimasi SEO Onpage

Untuk bisa melakukan optimasi seo onpage pada blog berikut beberapa langkah-langkah yang bisa anda tempuh:

#1.  Title Tag
#2. Meta Description 
#3. Alamat URL  yang dibuat singkat dengan struktur mudah dipahami.
#4. Tambahkan gambar pada postingan (sertakan atribut alt) 
#5. H1 Tag untuk judul artikel
#6. Penempatan kata kunci pada 100 kata pertama
#7.Buat artikel panjang, 1500+ suku kata
#8. Gunakan long tail keyword untuk judul.
#9. Sertakan kata kunci LSI dalam artikel
#10. Buat artikel yang berkualitas.

Optimisasi SEO onpage


#1: Title tag

Gunakan title tag untuk meletakan keyword, berdasarkan anjuran pakar seo kata kunci yang diletakan di awal judul itu lebih baik dari kata kunci yang diletakan ditengah atau di akhir judul,
Sebagai contoh kita akan membuat judul dari kata kunci "Optimasi SEO OnPage", misalkan saja setelah melakukan Riset kata kunci dengan google keyword planner judul artikel yang bisa kita kembangkan dari kata kunci tersebut adalah sebagai berikut:
Judul 1: Optimasi SEO Onpage pada blog
Judul 2: Cara melakukan Optimasi SEO Onpage pada blog
dari kedua contoh judul diatas terlepas dari faktor lainnya, google akan lebih memprioritaskan Judul pada Judul 1, karena pada Judul 1, kata kunci Optimasi SEO Onpage diletakan paling awal, sedangkan contoh judul 2 kata kunci diletakan ditengah.
kesimpulan yang bisa kita ambil mengenai title tag ini adalah, upayakan setiap kali kita membuat artikel, kata kunci yang kita bidik kita letakan diawal judul artikel agar lebih seo friendly. 

#2: Meta Description

 Gunakan meta description untuk menempatkan deskripsi dari judul yang kita buat, panjang deskripsi sebaiknya sampai 156 karakter, deskripsi adalah pilihan kedua yang akan dipertimbangkan oleh pengunjung ketika mereka menemukan judul artikel anda, oleh karena itu and harus benar-benar memperhatikan penulisan meta description ini, silahkan buat meta description yang dapat menarik perhatian orang, seperi terbaik, 2014 dan lainnya, serta jangan lupa untuk melibatkan kata kunci didalamnya,


#3: Alamat URL yang SEO Friendly

Sering kita temukan bermacam macam bentuk penulisan alamat url suatu halaman blog/situs, ada yang mudah untuk dihapal dan ada yang sulit bahkan sangat panjang dan sulit untuk dimengerti, Contoh alamat url yang tidak dianjurkan:
http://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/More/ConsumerHealthCare/A-Guide-to-
Understanding-Clinical-Trials_UCM_426055_Article.jsp

Meskipun url yang kita buat tidak sepanjang contoh diatas, alangkah baiknya kita menyajikan alamat url seefektif dan sependek mungkin, seandainya kita menyertakan tanggal dan kategory pada struktur alamat url(sepert: http://strukturkode.blogspot.com/category/
2014/5/12/judul-artikel-kita
), usahakan tanggal dan kategory jangan disertakan, semakin pendek alamat url , maka akan semakin bagus dimata mesin pencari google, 

contoh penulisan alamat url yang baik: 
http://strukturkode.blogspot.com/optimasi-seo-onpage.html, alamat url seperti ini adalah yang paling baik, singkat, jelas dan mudah untuk dipahami.  

kenapa alamat url begitu penting pada optimasi seo onpage?, sama halnya seperti title tag dan isi artikel, alamat url merupakan sebuah petunjuk untuk mesin pencari mengenai niche dari artikel yang kita buat.

#4: Tambahkan gambar pada postingan

Menambahkan gambar pada artikel akan memiliki pengaruh besar pada artikel anda, gambar membuat artikel kita hidup, lebih interaktid dan tidak mudah bosan dimata pengunjung, semakin pengujung berlama-lama di halaman artikel kita, maka akan mendapatkan nilai plush dari mesin pencari mengenai bouncing out rate.
Silahkan masukan minimal 1 gambar pada tiap artikel yang anda buat, agar gambar seo friendly dimata search engine, dianjurkan setiap gambar yang kita masukukan harus disertakan atribut alt, dan usahakan nama gambar harus sama dengan text yang kita sertakan silahkan atur ukuran gambar dan jangan terlalu besar kalou perlu dikompress juga akan lebih baik, yang penting tidak terlalu berpengaruh terhadap loading halaman yang menjadi lama. 

#5: Kata kunci pada 100 pertama tiap artikel

Google sangat memperhatikan letak kata kunci yang kita tempatkan dalam artikel, artikel yang relevan setidaknya akan terdapat paling tidak satu kata kunci yang diulang pada artikel, meskipun untuk kepadatan kata kunci dalam artikel itu sendiri kontroversi dikalangan para pakar seo ada yang memperhatikan kepadatan kata kunci ada juga yang natural, jika anda ingin memperhatikan peletakan kata kunci, sangat dianjurkan untuk meletakan kata kunci pada 100 kata pertama dalam artikel, kata kunci yang diletakan lebih awal, mengindikasikan halaman tersebut dianggap penting.


#6: Letakan kata kunci pada Tag H1

Usahakan setiap judul artikel diletakan dalam tag H1, tag H1 harus ada dalam setiap artikel yang kita buat dan jumlahnya harus satu, tidak boleh lebih.H1 tag sangat berperan sekali dalam SEO onpage, berdasarkan penelitian artikel yang tidak memiliki H1 tag dibandingkan dengan artikel yang memiliki H1 tag, yang berpeluang lebih baik adalah artikel yang memiliki H1 tag didalamnya, 


#7: Gunakan Long tail Keyword untuk judul artikel

Long tail keyword adalah kata kunci utama yang kita kembangkan menjadi 5 suku kata atau lebih , meskipun kata kunci yang terdiri dari 5 suku kata atau lebih tidak akan muncul ketika kita masukan pada pencarian riset kata kunci, pengunjung lebih banyak melakukan pencarian menggunakan bentuk kata kunci tersebut. buat judul artikel yang berpeluang besar untuk dicari orang dengan menambahkan frasa yang menarik perhatian orang misal 2014, terbaik, 100, paling banyak dicari, paling lengkap atau yang lainnya.


#8: Buat artikel panjang

Jika anda hendak membudik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi, sangat disarankan untuk membuat artikel yang panjang, buat artikel minimal mengandung 1500 kata atau lebih, beberapa industry yang meneliti tentang SEO (SerpIQ salah satunya), membuktikan bahwa artikel yang mengandung lebih dari 1500 kata atau lebih, memiliki peluang untuk menduduki peringkat lebih baik pada mesin pencari google. oleh karena itu akan lebih baik membuat artikel yang terdiri dari 1500 suku kata atau lebih setiap kali kita membuat artikel dengan membidik kata kunci yang memiliki nilai kompetitor tinggi.
  

#9: Gunakan Kata kunci LSI 

LSI (Latent Semantic Indexing) artinya kata kunci turunan yang memiliki relasi dengan kata kunci yang kita bidik, dianjurkan untuk memasukan kata kunci LSI setidaknya 1 dalam artikel yang anda buat, dengan memasukan kata kunci LSI, artikel yang anda buat akan punya peluang banyak  untuk tampil bagus pada hasil pencarian google, lantas seperti apakah kata kunci LSI itu?, lebih baik kita jangan sembarangn memasukan kata kunci sesuai dengan yang kita prediksikan sendiri, karena bisa jadi  kata kunci yang kita masukan dan kita anggap kata kunci LSI, belum tentu dianggap kata kunci LSI oleh mesin pencari. oleh karena itu kita harus tau cara bagaimana menemukan kata kunci LSI yang tepat yang sesuai dengan kata kunci utama yang kita bidik.

Ada beberapa cara untuk menemukan kata kunci LSI ini, yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan fasilitas pencarian google, misalkan saja kita akan mencari kata kunci turunan untuk kata kunci utama "Optimasi SEO onpage", silahkan anda masuk ke website google
https://www.google.co.in/, kemudian silahkan anda masukan pada pencarian dengan kata kunci optimasi seo onpage, google yang saya gunakan adalah google india, saya memilih google india karena masih menampilkan kata kuci LSI pada hasil pencariannya, jika hasil pencarian sudah muncul silahkan anda scroll sampai halaman paling bawah, anda akan menemukan link penelusuran yang terkait dengan pencarian kata kunci yang kita masukan tadi, kurang lebih tampilannya seperti ini:

keyword LSI untuk kata kunci Optimasi seo onpage

 Dari hasil penelusuran google memberikan informasi mengenai kata kunci terkait dengan kata kunci utama yang kita bidik, kita bisa mendapatkan 4 kata kunci LSI untuk kata kunci optimasi seo onpage seperti diatas, yaitu Seo Onpage Checker, seo onpage dan offpage, seo onpage 2013 dan seo onpage wordpress.
dari empat kata kunci yang kita temukan diatas, kita bisa memanfaatkan ke 4 kata kunci tersebut untuk dikembangkan dalam artikel yang kita buat, lantas bagaimana cara menempatkannya, silahkan anda tempatkan dimana saja dalam artikel yang anda buat. 


#10: Buat artikel yang berkualitas

Buatlah artikel yang berkualitas, artikel yang memiliki relevansi yang baik dengan kata kunci yang kita bidik, dan jangan sekali-kali membuat artikel dari hasil kopi paste. artikel yang baik akan memberikan point berarti untuk setiap backlink yang kita tujukan ke artikel tersebut.


Demikian infromasi yang bisa saya share mengenai cara mlakukan Optimasi SEO Onpage pada Blog, mudah mudahan bermanfaat.

Tips Jika anda ingin mendalami seo dengan lebih serius, saya pilihkan artikel untuk anda agar  dapat membantu anda lebih memahami seo, silahkan baca : 200+ SEO Checklist - Google Ranking Faktor  

5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari



5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari - Keyword atau kata kunci adalah salah satu yang memiliki peran penting dalam mendongkrak trafik sebuah blog atau situs, ketika kita memutuskan untuk membuat sebuah artikel atau postingan, tahap pertama adalah memikirkan kata kunci, yaitu dengan memikirkan kata kunci yang punya kualitas, kata kunci yang berkualitas bisa kita lihat dari banyaknya peminat terhadap kata kunci tersebut, artinya kata kunci yang harus kita jadikan judul artikel adalah kata kunci yang memiliki nilai pencarian tinggi di mata mesin pencari, karena ketika kita menggunakan kata kunci tersebut, peluang pengunjung akan semakin baik, semakin banyak kata kunci tersebut dijadikan pencarian maka pelung pengunjung yang mengunjungi blog kita untuk artikel dengan kata kunci tersebut akan semakin banyak, ini akan memberikan keuntungan untuk blog yang kita miliki menjadi blog yang populer dimata mesin pencari.

Cara menemukan Kata kunci yang paling banyak dicari orang

Lantas tugas kita adalah bagaimana caranya kita mengetahui bahwa kata kunci yang yang akan kita pakai untuk judul artikel adalah kata kunci paling banyak dicari orang, sebenarnya untuk masalah itu kita tidak bisa menebaknya secara langsung, ada beberapa alat bantu yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci populer tersebut, dan itu tergantung juga dari topik kata kunci yang digunakan, karena kata kunci populer untuk setiap topik pasti berbeda.

beberapa alternatif cara berikut bisa kita gunakan untuk mendapatkan kata kunci yang populer untuk kita gunakan sebagai judul artikel: 


1. Google Search auto suggestion,

Google auto suggestioan adalah, saran otomatis yang diberikan google untuk kata kunci yang kita cari pada kotak pencarian google, saran tersebut muncul ketika kita melakukan pengetikan pada kotak pencarian google, kita bisa menggunakan google auto sugestion untuk mendapatkan referensi kata kunci yang sering digunakan orang untuk dipakai sebagai kriteria pencarian mereka, ketika kita mengetikan kata pada kotak pencarian google, maka secara otomatis kotak pencarian google akan memberikan referensi atau saran mengenai kata kunci yang sesuai dengan kata yang kita masukan, silahkan anda masuk kegoogle.co.id, kemudian pada kotak pencarian yang disediakan, silahkan anda ketik kata dasar apapun, google akan memberikan saran beberapa kata kunci yang sesuai dengan kata yang anda masukan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari
Seperti terlihat pada gambar di atas, dengan mengetikan beberapa kata saja, google secara otomatis akan menampilkan saran untuk kata kunci yang kita masukan, kata kunci yang muncul seperti terlihat pada gambar diatas adalah kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna internet untuk kriteria pencarian mereka,  kita bisa menggunakan kata kunci tersebut untuk dijadikan judul artikel.

2. Google trends

Google trends, salah satu produk google untuk melihat topik yang terhangat, kita bisa memanfaatkan google trends untuk mendapatkan kata kunci terpopuler yang paling banyak dicari, topik terpopuler yang disajikan oleh google trends tentu saja diurutkan berdasarkan pencarian terbanyak mesin pencari google untuk topik tersebut, jika kita pintar untuk menggunakan kata kunci bersumber dari referensi google trends, maka kemungkinan kata kunci tersebut akan memiliki peluang besar artikel dengan kata kunci tersebut dicari orang, untuk lebih detail bagaimana cara mencari kata kunci populer menggunakan google trends anda bisa baca artikel lainnya tentang riset kata kunci dengan google trends.

3. Wordstream suggestion tool

Wordstream sebenarnya digunakan sebagai alat untuk memfasilitasi pembisnis untuk mendapatkan kata kunci iklan yang akan mereka pasang agar iklan mereka lebih mudah untuk ditemukan serta membantu mereka dalam meningkatkan relevansi kata kunci iklan terhadap  mesin pencari semisal google, bing dan yahoo, namun fasilitas yang tersedia di Wordstream bukan hanya itu, kita bisa memanfaatkan fasilitas gratis lainnya, salah satunya adalah fasilitas untuk mendapatkan saran kata kunci yang paling banyak dicari, untuk menggunakan layanan gratis wordstream untuk keperluan mendapatkan kata kunci untuk judul artikel silahkan anda masuk ke alamat www.wordstream.com/keywords kurang lebih akan terlihat seperti gambar dibawah ini:


untuk mendapatkan saran ide kata kunci yang paling banyak dicari, caranya sangat mudah anda tinggal memasukan topik kata kunci anda pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Get keyword ideas", seperti terlihat pada gambar diatas, jika kata kunci yang anda masukan memiliki relevansi dengan kata kunci yang sering digunakan orang untuk kriteria pencarian mereka, maka akan ditampilkan daftar ide kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukan, sebagai contoh saya menggunakan kata kunci "cara membuat" untuk mendapatkan kata kunci populer yang berkaitan dengan kata kunci tersebut, daftar kata kunci ditampilkan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara mendapatkan kata kunci populer dengan wordstream

Hasil pencarian wordstream akan ditampilkan dan diurutkan berdasarkan kata kunci yang terpopuler, jika grafik relative frequensi tinggi berarti kata kunci tersebut adalah kata kunci yang paling banyak digunakan orang untuk kriteria pencarian, untun judul artikel yang akan kita buat kita bisa menggunakan salah satu ide kata kunci yang kita peroleh menggunakan wordstream, yaitu dengan memilih salah satu kata kunci yang memiliki relative frequnsi yang tinggi.

4. Google adword keyword tool

Tidak diragukan lagi tool buatan google yang satu ini menjadi salah satu alternative yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan ide kata kunci, sebenarnya tool yang satu ini pada awalnya digunakan untuk keperluan mendapatkan kata kunci iklan untuk pengiklan google, namun pada perkembangannya sekarang, tool ini juga dilengkapi dengan alat untuk mendapatkan ide kata kunci, sehingga tool ini banyak digunakan sebagai alat untuk mendapatkan ide kata kunci oleh para blogger, untuk menggunakan google adword keyword tool sebenarnya sangat mudah sekali, syaratnya kita harus memiliki email google, jika anda sudah punya silahkan anda masuk ke alamat adwords.google.com kemudian login dengan menggunakan salah sati email google anda, untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai penggunakan tools yang satu ini anda bisa membaca artikel saya tentang, riset kata kunci menggunakan google keyword planner.

5. Popular Post

Memanfaatkan informasi popular post blog atau situs lain, ini salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan referensi kata kunci yang paling banyak dicari, cara seperti ini pernah saya gunakan, dengan cara mengunjungi beberapa blog yang memiliki topik kata kunci relevan, melihat popular post pada blog mereka dan kita gunakan kata kunci populer mereka untuk judul artikel yang akan kita buat, kita bisa memodifikasinya dengan menambahkan beberapa frase pada kata kunci tersebut sehingga sedikit berbeda namun tetap dengan mempertahankan tingkat relevansi yang sama.


Kesimpulan:
Cara diatas adalah beberapa alternatif dari banyak alternatif yang bisa kita gunakan untuk menemukan kata kunci yang paling banyak diminati orang untuk dijadikan judul artikel yang akan kita buat, namun, ketika kita sudah mendapatkan kata kunci tersebut, itu bukan berarti kata kunci tersebut bisa muncul pada 10 pencarian google, sebenarnya setelah kita mendapatkan kata kunci untuk judul artikel, ada tahap lanjutan bagaimana cara agar kata kunci yang akan kita gunakan tersebut bisa muncul di 10 besar hasil pencarian google. kita harus melakukan riset lanjutan terhadap kata kunci yang sudah kita dapatkan apakah memiliki potensi muncul di 10 besar hasil pencarian atau tidak, serta mencari informasi tingkat kompetitor untuk kata kunci tersebut, untuk mengetahui caranya anda bisa membaca artikel saya lainnya tentang  cara agar artikel muncul di urutan 10 besar.


Demikian informasi sederhana yang bisa saya share mengenai 5 cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari, semoga bermanfaat.

Ini dia Penyebab BLOG Anda DIBANNED dan DIHAPUS GOOGLE



Penyebab yang memicu blog anda dibanned dan dihapus google? - Sakitnya tuh disini-ni...., ketika blog yang berflatform blogspot kesayangan kita harus kita relakan dengan terpaksa karena hilang begitu saja dari peredaran, blog yang dari awal kita pelihara kemudian kita besarkan, dan setelah blog tersebut tumbuh menjadi sebuah blog yang memiliki visitor berlimpah, tiba-tiba hilang dan tidak bisa diakses, baik itu oleh para pengunjung maupun kita sebagai sipemilik blog, sepertinya itu buka hal yang tidak mungkin, jika anda mengalami hal semacam itu berarti blog anda sudah terkena banned google dan blog anda tanpa syarat dihapus secara langsung dari internet, hal semacam ini banyak dialami oleh para blogger senior, dan mungkin saja kita juga bisa mengalami hal serupa jika kita mengabaikan penyebabnya. oleh karena itu untuk menghindari banned dan delete pada blog, setidaknya kita harus dapat mengetahui dan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan sebuah blog dibanned.

Faktor yang menyebabkan blog dibanned dan dehapus google

Pada artikel kali ini saya akan coba share mengenai faktor-faktor penyebab banned, sehingga kita sebagai pemilik blog sekaligus blogger bisa mengantisifasi setiap hal yang menyebabkan banned, sehingga blog yang kita miliki bisa berumur panjang, tumbuh dan berkembang menjadi sebuah blog yang berkualitas dimata mesin pencari juga para pengunjung setia blog.

Faktor-Faktor penyebab Banned pada Blog

Untuk menghindari blog menjadi target banned dan delete oleh google, langkah terbaik adalah mengetahui faktor penyebab banned, sehingga kita bisa mengantisifasi dan terhindar dari segala kemungkinan buruk untuk blog kita, adapun faktor-faktor penyebab banned dan delete pada blog adalah sebagai berikut:

1. Blog Berisi artikel copy Paste

Copy paste adalah salah satu tindakan yang sangat dibenci oleh google, google sangat menghargai kebijakan atas hak kekayaan intelektual (HAKI), jika blog anda disinyalir sebagai blog dengan artikel-artikel kopi paste, sebaiknya anda berhati-hati, dan kemungkinan besar anda tinggal menunggu waktu saja blog anda dibanned dan didelete dari peredaran dunia maya. Perlu diketahu kopi paste sebenarnya sangat merugikan bukan hanya untuk si tukang kopas namun untuk sipemilik blog juga, blog yang kita miliki akan rentan terhadap duplikat konten sedangkan duplikat konten sangat dibenci oleh google, dan lambat laun jika terdeteksi google, popularitas blog kita di mata mesin pencari akan semakin menurun.

Baca juga :Agar artikel postingan tidak dapat dicopy paste

Sebaiknya ketika anda memang senang kopi paste, silahkan kopi paste asalkan anda mencantumkan link aktif ke sumbernya dengan begitu akan menjadi pertimbangan si pemilik blog untuk tidak melaporkan blog anda, kemudian dilanjutkan dengan  merubah judul dan isinya sehingga tidak terlalu sama, sama 10% sampai dengan 30% bisa dibilang masih normal, namun jika 100% sama, baik itu judul maupun isinya itu sudah tidak bisa ditolelir, jika kita menemukan kasus seperti itu, benar-benar harus kita sikapi dengan serius.

Tukang kopas sebaiknya jangan merasa pandai mengelabui google, untuk beberapa kasus saya sendiri sempat menemukan sebuah blog yang benar-benar menjiplak seluruh artikel pada blog saya ini, dari mulai judul dan isi artikel sama semuanya, namun tidak ada satupun yang mencantumkan link ke sumbernya, mereka sepertinya merasa pandai, apa yang mereka lakukan adalah mengatur tanggal penerbitan artikel sehingga terkesan bahwa artikel hasil kopi paste yang mereka terbitkan lebih dulu diterbitkan dari aslinya,
apa yang saya lakukan untuk pertama kali adalah memperingatinya agar jangan suka kopi paste sembarangan tanpa izin, dan sebaiknya artikel tersebut dilengakapi link aktif ke sumbernya, 1 hari, 2 hari sampai 1 minggu kelihatannya tidak ada respon, langsung saja saya laporkan ke google, dan akhirnya blog tersebut saya cek ternyata sudah di hapus dari peredaran.
Ada beberapa blog yang memang menjiplak artikel-artikel pada blog ini tidak saya laporkan salah satunya dikarenakan mereka mencantumkan link balik pada blog ini. 

Jangan pernah merasa pandai mengelabui google, meskipun anda merubah penerbitan artikel sehingga terkesan artikel kopi paste anda lebih dulu terbit dari artikel aslinya, tetap saja yang dijadikan acuan google ketika membandingkan antara artikel hasil kopi paste dengan artikel aslinya adalah waktu yang terdapat pada bihind the sceene. jadi google akan mudah menemukan mana artikel aslinya dan mana artikel kopi paste.

2. Prilaku SPAM sipemilik blog.

Prilaku Spam bisa terjadi ketika kita membangun backlink. baik itu backlink dofollow maupun backlink nofollow, untuk kebanyakan blogger indonesia backlink yang mereka peroleh termasuk saya sebagian besar diperoleh dengan cara meletakan komentar pada blog atau situs baik itu situs atau blog luar negeri maupun dalam negeri. sebaiknya ketika memburu backlink kita harus senantiasa hati-hati, jangan sampai apa yang kita lakukan dianggaps sebagai tindakan NYEPAM, sebuah komentar bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan spam jika: 

a. Komentar tidak relevan dengan isi artikel
Kadang kita menemukan beberapa pesan isi komentar yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan isi artikel dan sama sekali tidak ada relevansi sedikitpun, komentar seperti itu banyak berkeliaran biasanya diletakan hanya untuk mempromosikan sesuatu.
Tips: sebaiknya berkomentar lebih dari satu baris dan terlebih dahulu baca isi artikelnya kemudian dilanjutkan dengan berkomentar yang relevan.

b. Bulk 
Bulk adalah tindakan berkomentar pada blog atau situs dimana isi komentar yang kita letakan untuk setiap blog memiliki isi yang sama. ketika kita melakukan aktivitas blog walking jangan sekali-kali karena dengan alasan ingin cepat berkomentar atau, malas harus mengetikan ulang komentar, tidak sedikit komentar yang kita letakan hasil kopi paste dan sama seluruhnya untuk setiap blog yang kita kunjungi. tindakan tersebut bisa  terindikasi sebagai tindakan spam yang pada akhirnya akan merugikan si komentator.

c. Menggunakan name/ url yang sama setiap kali berkomentar
 Salah satu aktivitas yang dianggap dapat meningkatkan visitor dan dapat mempercepat clain backlink oleh google adalah aktivitas blogwalking yitu mengunjungi blog orang lain dan meletakan komentar didalamnya, ada beberapa alasan kenapa harus meletekan komentar, yaitu untuk meningkatkan eksistensi kita di dunia blogsphere dan untuk mendapatkan backlink dari blog yang kita kunjungi tersebut baik itu backlink dofollow maupun nofollow.

Ada beberapa pilihan, yang bisa kita gunakan ketika berkomentar, salah satunya adalah name/URL kita bisa memasukan name dan url, name adalah untuk nama kita, url adalah untuk url situs kita, ini adalah salah satu layanan yang cukup efektif untuk mendapatkan backlink, namun kita harus hati-hati ketika meletakan komentar dengan mode ini, yang pertama adalah jangan terlalu sering menggunakan name dan url yang sama, dan jangan terlalu membabibuta melakukan blog walking dengan mode ini sementara anda mencantumkan name dan url yang sama setiap kali berkomentar. 
Tips: Jika yang anda sukai adalah berkomentar dengan name /url sebaiknya gunakan sekali-kali saja dan jangan terlalu sering (hindari: dalam waktu yang singkat anda membuat komentar dengan jumlah yang sangat banyak menggunakan name dan url yang sama, jika tidak anda bisa terindikasi sebagai seorang spammer).

d. Sering Menggunakan Open ID dalam berkomentar.
Open ID didesain untuk memudahkan ketika kita berkomentar, dengan menggunakan open id kita bisa langsung mendapatkan backlink hanya dengan memasukan url yang teregistrasi untuk openID tersebut, agar kita bisa menggunakan komentar dengan openID, terlebih dahulu kita harus melalukan registrasi OpenID untuk blog atau situs kita melalui pihak ke3, jika tidak maka akan ada peringatan Kredensial openID anda tidak dapat diverifikasi, dan anda tidak akan bisa berkomentar, untuk solusinya silahkan anda baca : Solusi kredensial openID tidak dapat diverifikasi.

Kita bisa dan sah-sah saja menggunakan open ID dalam setiap kali berkomentar, namun yang harus diwaspadai adalah, penggunakan openID setiap kali berkomentar untuk jumlah komentar yang banyak yang kita sebar di beberapa blog dalam waktu yang singkat, karena alasan ingin cepat mendapatkan backlink dan ingin cepat mendapatkan banyak visitor ke blog yang kita miliki, jika memang apa yang anda lakukan seperti itu  sebaiknya segera dihentikan karena bukan keuntungan yang akan kita raih namun tindakan tersebut malah bisa memberi signal kepada robot webspam sebagai salah satu tindakan NYEPAM.
 "Tips: batasilah penggunaan openID dalam berkomentar, jika memang anda lebih menyukai komentar dengan openID sebaiknya jangan terlalu membabibuta memburu komentar dengan cara ini".

3. Konten Dew*s@

Menyebarkan konten dew*s@ adalah salah satu tindakan yang dilarang oleh google, namun bagaimanapun juga google masih tetap memeri toleransi sebuah blog untuk berisi konten-konten seperti itu dengan syarat mencantumkan tanda bahwa konten tersebut khusus untuk dew*s@, cara tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan faslitas yang tersedia dalam setingan blog.

4. Cloacking /Redirect

Teknik ini adalah mengalihkan sebuah halaman postingan dengan judul tertentu yang meredirect ke halaman lain atau situs tertentu, padahal jelas post  yang kita klik adalah yang ada saat itu, namun di halaman tersebut justru kita diarahkan untuk membuka halaman lain atau  blog lain, dengan kata lain, artikel yang kita cari tidak ada di postingan tersebut. Masih banyak situs-situs semacam ini di google search. (mungkin belum terdeteksi google penguin).

"Tips: Jika artikel kita tentang suatu topik memang tidak ada pada halaman yang dimaksud sebaiknya jangan menggunakan teknik ini, gunakan saja beberapa kalimat yang menyarankan agar mengunjungi post atau blog yang dimaksud dengan bantuan sebuah link aktif.

 5. Hidden Tekt atau link tersembunyi

Hidden text atau link tersembunyi yang kita letakan dalam blog kita sebaiknya kita hindari, link atau text tersembunyi tidak akan memberikan pengaruh apa-apa pada pengunjung, namun link atau text tersembunyi masih tetap bisa dibaca dan dideteksi oleh mesin pencari,dan hal seperti itu dapat menyebabkan situs Anda dianggap sebagai sebuah situs yang tidak dapat dipercaya karena menyajikan informasi ke mesin pencari berbeda dengan pengunjung, cara ini bisa dilakukan dengan cara  memberikan warna tulisan text/link yang sama dengan warna background sehingga tidak terbaca oleh pengunjung. 

Teknik ini sering digunakan untuk meletakan kata kunci berlebihan, dengan tujuan agar lebih mudah di cari oleh mesin pencari dan tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, manun hal semacan itu justru dibenci oleh mesin pencari dan bisa menyebabkan tindakan lebih serius dari google.

6. Dorway Page

Yaitu sebuah teknik mengelabui mesin pencari dengan cara mencantumkan kata kunci-kata kuci dalam jumlah yang sangat banyak yang kmungkinan dicari orang namun konten sama sekali tidak dimengerti, konten seperti ini bisa dibuat dengan perantara kode javascript tertentu atau dengan cara manual. Biasanya blog semacam ini kurang berbobot dan isi artikel yang sedikit.


Banned adalah hukuman terakhir yang dilakukan google terhadap blog berflatform blogspot, penyebab blog dibanned karena terdeteksi sudah banyak melakukan pelangaran  yang dianggap  sudah sangat keterlalauan, pelangaran yang dilakukan bisa dikarenakan dari sipemilik blog yang ingin serba instan sehingga cara cur*ngpun dilakukan, dengan tujuan karena ingin memiliki blog tapi malas membuat artikel akhirnya kopi paste, atau karena ingin mendapatkan banyak visitor akhirnya memburu backlink dengan memababibuta dengan cara yang tidak benar, sebaiknya hal semacam itu bisa kita hindari, karena sekali lagi bukan kentungan yang akan kita dapatkan, namun malah merugikan, yang harus selalu diingat adalah, "untuk menuju sebuah kesuksesan itu perlu kerja keras dan waktu, dan kesuksesan tidak bisa kita peroleh dalam waktu yang sangat singkat dan instan kecuali anda memang beruntung atau anda pandai bermain cur*ng.

Demikian artikel sederhana yang bisa saya bagikan untuk anda mengenai "Ini dia penyebab blog anda dibanned dan dihapus google?", semoga bermanfaat.


Contributors

Powered by Blogger.